Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Bayau Panyu

Jenis Makanan

Jamu

Sejarah Makanan

kue bayau panyu merupakan makanan yang disajikan untuk menjamu tamu, kemudian suku makaasar terispirasi bentuknya dan warnanya dari telur penyu yang berwarna putih sehingga kuenya diberi nama bayau panyu atau bayau penyu

Nilai Makna Makanan

orang-orang makassar memaknai kue bayau panyu sebagai lambang bahwa orang tersebut berada (kaya) karna hanya mereka yang kaya pada saat itu bisa membuat kue seperti ini

Bahan Baku Utama

gulah merah. tepung ketan, dan kelapa

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

gula pasir, santan, dan air

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Tepung beras ketan, dicampur santan kelapa. Kemudian kelapa yang diparut dicampur gula merah. Setelah adonan tepung dan santan kelapa jadi, maka dibentuk pipih untuk di taruh kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah, selanjut dibentuk bulat seperti telur penyu. Bayau panyu kue tradisional berbentu terlur penyu.

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

Bayau panyu disajikan diatas piring, karena berbentuk bulat sehingga dalam 1 piring hanya bisa muat 5 sampai 7 buah. Bayau penyu ditaburi tepung halus sehingga memberikan corak yang keputihan, membuat enak dipandang.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Bayau panyu bisa berbagai macam warna dengan tambahan pewarna alami seperti pandan untuk warna hijau dan sebagainya, sehingga saat ini tidak lagi berwarna putih to seperti telu penyu, melainkan berbagai macam warna.

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali