Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Poteng jaje tujak (Tape Jajan Tumbuk)

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Hidangan Poteng Jaje Tujak ini terdiri dari 2 makanan yakni “poteng” atau “tapai” dan “jaje tujak”. Bahan poteng menggunakan ketan putih. Menurut kepercayaan setempat, yang membuat poteng harus dalam keadaan suci yakni tidak sedang haid. Sebab jika yang membuat sedang datang bulan bisa merusak poteng. Sebaiknya, pembuatan poteng, khususnya saat akan menaburkan bubuk tape ketan dilakukan setelah selesai salat sehingga masih dalam kondisi suci atau berwudhu.

Nilai Makna Makanan

Kesucian

Bahan Baku Utama

Beras Ketan hitam atau putih.

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Bahan Poteng: Beras ketan putih 1 kg Air 800 ml Ragi tape 1/4 bagian Daun Saga (diambil air perasannya) Gula pasir secukupnya (sesuai selera) Daun pisang untuk membungkus Bahan jaje Tujak: Beras ketan putih 1 kg Beras ketan hitam 50 gram Kelapa parut dari 1 butir kelapa + garam

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Cara membuat Poteng: Rendam beras ketan putih di dalam air 2 liter air semalaman. Tiriskan Kukus beras ketan putih hingga mengeluarkan uap yang banyak, setelah itu siram menggunakan 800 ml air saga, kemudian dikukus lagi 15 menit , angkat dan biarkan dingin. Ambil setengah bagian beras ketan putih dan taruh dalam wadah kemudian ratakan, taburi gula dan ragi. Tutupi ketan yang sudah ditaburi ragi dengan sisa setengah beras ketan, jangan lupa untuk menaburkan ragi diatasnya hingga habis. Bungkus atau tutupi ketan dengan menggunakan kain lap kemudian tutup wadah ketan dengan rapat. Letakkan pada tempat yang kering dan hangat. Biarkan untuk fermentasi selama 2 atau 3 hari, jika sudah ‘masak’ dapat langsung disimpan dalam kulkas supaya bisa bertahan lama. Cara membuat Jaje Tujak: Campur ketan putih dan hitam, cuci bersih dan rendam 2 jam. Kukus beras ketan sampai matang ±30 menit. Siram dengan air garam. Turunkan. Campur ketan dengan kelapa parut, aduk rata. Kukus lagi ketan yang sudah dicampur kelapa parut hingga matang sempurna. Angkat ketan, ratakan dan haluskan panas-panas. Bungkus Jaje Tujak dengan daun pisang. Sisihkan.

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

Sajikan Poteng dengan Jaje Tujak. dengan cara cocol jaje tujak dengan poteng.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Makanan ini disajikan pada acara-acara besar saja sepertibhal nya acara maulid Nabi Muhammad SAW.

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali