Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Krengseng / Oblok-Oblok

Jenis Makanan

Lauk Pauk

Sejarah Makanan

Krengseng atau yang sering disebut dengan nama oblok-oblok ini merupakan makanan olahan pelengkap makanan pokok atau sebagai lauk. Bahan bakunya cukup mudah ditemukan disini yaitu berupa pete cina atau lamtoro, teri serta tidak lupa kelapa. Cara pembuatan dimasak jadi satu seperti tumis pada umumnya.

Nilai Makna Makanan

Bahan Baku Utama

Mlanding/Lamtoro, teri

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Kelapa (setengah buah), tempe busuk (secukupnya), bawang merah (4 siung), bawang putih (3 siung), garam (secukupnya), gula (secukupnya), cabe (10 biji), salam (secukupnya), laos (secukupuknya).

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

1. Parut kelapa sesuai selera atau secukupnya. 2. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, gula dan cabe. 3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi beserta salam dan laos. 4. Kemudian masukkan malnding/lamtoro dan teri. 5. Tunggu hingga matang dan sajikan

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

Penyajiannya sendiri hanya ditempatkan pada wadah pada umumnya berupa piring atau mangkuk. Krengseng atau Oblok-Oblok ini disajikan sebagai lauk.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Krengseng ini merupakan makanan kreasi karena biasanya kelapa parut, lamtoro dan teri ini dibungkus daun pisan dan dikukus atau orang Wonogiri biasa menyebutnya dengan nama botok namun krengseng ini hanya diolah dengan ditumis tanpa dibungkus dengan daun pisang. Bahan baku krengseng sangat mudah ditemukan di desa baik dapat diambil dari perkebunan sendiri maupun beli kepada penjual sayur. Ada beberapa perbedaan dari bahan dasar krengseng di Eromoko dengan daerah asal saya di Desa Manjung kecamatan Wonogiri, jika di sini bahan dasarnya lamtoro dan teri, di sekitar desa saya bahannya ada tempe, tahu, maupun daun legetan.

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali