Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Onde-Onde Ubi Ungu

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Onde-onde ubi ungu merupakan panganan khas Balikpapan yang terbuat dari ubi ungu sebagai isiannya. Sementara luarannya tidak jauh berbeda dengan onde-onde pada umumnya, terbuat dari beras ketan dan taburan wijen. Terdapat beberapa varian rasa, antara lain kacang hijau, cokelat dan keju. Setiap rasa memiliki keistimewaan tersendiri.

Nilai Makna Makanan

Bahan Baku Utama

250 gr ubi ungu kukus(haluskan) 500 gr tepung ketan 1 1/2 cup gula halus 1 sdt garam 1/2 cup tepung beras 400 ml air hangat(untuk menguleni bahan kulit,campurkan sedikit demi sedikit ya sampai adonan bisa di pulung saja,jadi gak mesti semua di tuang) #bahan isi an onde-onde) 250 gr ubi ungu kukus(haluskan) secukupnya gula halus(campurakan ke ubi lalu aduk rata sampai di rasa manis nya pas di mulut ya) secukupnya vanili bubuk secukupnya wijen(untuk baluran si onde) (https://cookpad.com/id/resep/6656018-3-iwak-rabuk-abon-ikan-khas-banjarmasin?via=search&search_term=iwak%20rabuk)

Bahan Baku Tambahan

- Foto Bahan Baku:
Responsive image

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Aduk semua bahan kulit onde ya,kecuali air hangatnya di masukinya dikit2 aja sampai adonan bisa di pulung aja,bentuk bulat2 sesuai selera kalau mau bentuk sama di timbang aja Campur semua bahan isian sampai rata,lalu bentuk bulat bulat sesuai selera aja ya mau kecil boleh besar juga boleh... Pipihkan bahan kulit lalu masukan bahan isian lalu tutup dan bulatkan bentuk onde2 nya,setelah itu kita gulingkan ke wijen sampai rata ya Panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu masukan onde2 goreng sampai matang ya dan sesekali di balik kalau warna nya sudah kekuningan wijen nya angkat dan tiriskan(minyak harus banyak) (https://cookpad.com/id/resep/915814-onde-onde-ubi-unguisi-ubi-ungu)

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

- Foto Cara Penyajian:
Responsive image


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali