Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Putri Kandis

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Sekilas, makanan ini mirip dengan kue lapis. Namun, putri kandis memiliki lapisan berwarna hijau berbeda dengan kue lapis yang memiliki lapisan warna cokelat. Putri kandis sering disajikan dalam acara-acara penting Masyarakat Jambi seperti acara antar belanjo. Antar belanjo adalah salah satu rangkaian upacara pernikahan. Mempelai pria beserta keluarga akan menyerahkan sejumlah barang kepada mempelai wanita dan keluarga.

Nilai Makna Makanan

Bahan Baku Utama

Bahan 1 : Kuning telur, Gula pasir, Vanila, Kental manis, Margarin yang sudah dikocok hingga lembut, Tepung terigu, Santan, Bubuk Cokelat. Bahan 2 : Putih telur, Gula pasir, Air daun suji, Kental manis, Tepung terigu, Margarin yang sudah dikocok higga lembut, dan Santan.

Bahan Baku Tambahan

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Bahan I: Kocok kuning telur dan gula pasir hingga lembut, tambahkan kental manis sambil terus dikocok rata. Masukkan tepung terigu, vanila, santan dan margarin bergantian sambil diaduk rata. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian ditambah cokelat bubuk dan sisanya dibiarkan putih. Bahan II: Kocok putih telur sampai setengah mengembang, tambahkan gula sampai dikocok hingga mengembang. Masukkan air daun suji, kental manis, tepung terigu, margarin dan santan sambil dikocok rata. Siapkan loyang persegi, olesi dengan margarin dan alas dengan kertas roti. Panggang adonan 150?C masing-masing 200 gram, selapis bergantian hingga kecokelatan dengan api atas. Setelah adonan habis, panggang dengan suhu 160?C dengan api bawah selama 30 menit. Apabila sudah 30 menit, angkat lalu dinginkan sejenak.

Cerita / Proses Pengolahan

Cara Penyajian

Dipotong-potong sesuai selera


Kecocokan Makanan dengan Usia

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Catatan Lain

Jenis Informan :

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali