Data Kuliner

Data 0

Daerah

Daerah 0

Kontributor

Orang 0

Diakses

Kunjungan 0
Artikel Terakhir

Donahu Hawu (Gula Sabu)

Jenis Makanan

Jajanan

Sejarah Makanan

Donahu Hawu adalah nama lain dari gula Sabu. Ia menjadi makanan khas masyarakat di pulau Sabu yang berbentuk cairan kental, warnanya coklat kehitaman menyerupai kecap.Gula sabu berbahan dasar yang disadap dari pohon lontar. Gula sabu merupakan hasil olahan pertanian mayoritas penduduk Pulau Sabu dan Raijua. Hal tersebut tidak aneh di sana karena pohon lontar atau tuak di sana sangatlah banyak dan merupakan sumber nira(bahan baku pembuatan gula sabu). Bisa juga disebu “Donahu” saja. Bagi masyarakat di sana, gula sabu merupakan pangan utama selain beras dan jagung yang melengkapi keseharian mereka ditengah kondisi geografis Pulau Sabu yang rawan kekeringan. Apabila di sana terjadi gagal panen tanaman palawija dan stok makanan menipis, maka gula Sabu juga dipakai sebagai panganan untuk tetap bertahan. Cara menikmatinya sendiri yaitu hanya disendok gula sabunya lalu dimakan. Cara lainnya adalah gula sabu diseduh dengan air hangat maupun dingin, kemudian diminum seperti teh atau kopi. Bisa juga dicampurkan dalam membuat rujak. Gula sabu diyakini memiliki kalori yang cukup,sebab meneguk beberapa sendok atau tegukan maka akan terasa kenyang. Khasiatnya seperti madu. Gula Sabu juga memiliki manfaat gula sabu yang diseduh dengan air dapat menyembuhkan penyakit magh. Dan bagi anda yang ingin diet juga bisa menyeduh gula sabu degan air. Gula Sabu juga dapat dijadikan bahan campuran jenis pangan lainnya.

Nilai Makna Makanan

Kreatifitas masyarakat Sabu dalam memanfaatkan bahan baku sekitar, dan salah satu strategi khusus dalam menjaga kerentanan pangan yang disebabkan oleh kondisi geografis yang kering.

Bahan Baku Utama

Air deresan pohon enau atau lontar

Bahan Baku Tambahan

Garam, daun pandan

Rempah-Rempah

Bumbu-Bumbu

Cara Pengolahan

Merebus

Cerita / Proses Pengolahan

Air derasan enau itu direbus, dan kemudian diberikan garam dan daun pandan. Setelah dingin, ia bisa dituangkan dalam botol-botol tertentu.

Cara Penyajian

Campurkan air gula tersebut dengan air hangat, lalu minum. atau, buat ia seperti madu, bisa langsung diminum. Gula Sabu ini juga bisa menjadi bahan makanan untuk beragam kuliner lainnya.


Kecocokan Makanan dengan Usia

Semua Umur

Risiko Kerentanan (Bahaya Makanan)Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Diabetes (Gula)

Efek/Kelebihan (Non Kerentanan) Perspektif Pandangan Setempat (bukan Medis-Klinis)

Menurunkan darah tinggi

Catatan Lain

Posisinya bisa sebagai minuman, cemilan dan bahan baku makanan lainnya.

Jenis Informan : Orang

Leliana Ama

Komentar

Tinggalkan Komentar

Kembali